Pengertian Hukum , serta Manfaat Mempelajarinya

34 comments 12312 views
Share

Banyak Masyarakat Indonesia yang bahkan Pengertian Hukum saja tidak tahu.Bukan hanya kalangan yang berpendidikan kurang saja , bahkan kalangan yang notabene memilki pendidikan tinggi saja masih banyak yang buta hukum. Oleh karena itu saya akan sedikit membahas mengenai Pengertian Hukum dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengerti Hukum.

PENGERTIAN HUKUM

Pengertian Hukum

 

Apasih Pengertian Hukum itu ??

Ada banyak sekali sumber yang menerangkan mengenai Pengertian hukum yang berbeda beda , akan tetapi memiliki inti yang sama . Oleh karena itu saya akan sedikit merangkaum tentang Pengertian Hukum dari berbagai sumber.

Pengertian Hukum secara Umum

Pengertian Hukum yakni adalah suatu sistem yang dibuat manusia untuk membatasi tingkah laku manusia agar tingkah laku manusia dapat terkontrol , hukum adalah aspek terpenting  dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan,  Hukum mempunyai tugas untuk menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat. Oleh karena itu setiap masyarat berhak untuk mendapat pembelaan didepan hukum sehingga dapat di artikan bahwa hukum adalah peraturan atau ketentuan-ketentuan tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat dan menyediakan sangsi bagi pelanggarnya.

Pengertian Hukum lainnya yaitu merupakan peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, mencegah terjadinya kekacauan.

Hukum memiliki tugas untuk menjamin bahwa adanya kepastian hukum dalam masyarakat. Oleh sebab itu setiap masyarat berhak untuk memperoleh pembelaan didepan hukum. Hukum dapat diartikan sebagai sebuah peraturan atau ketetapan/ ketentuan yang tertulis ataupun yang tidak tertulis untuk mengatur kehidupan masyarakat dan menyediakan sangsi untuk orang yang melanggar hukum.

Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa “Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik daripada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela.”

Pengertian Hukum Menurut Ahli

  • Pengertian Hukum Menurut R. Soeroso, Pengertian Hukum adalah himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang yang berguna untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah, melarang dan memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.
  • Pengertian Hukum menurut Abdulkadir Muhammad adalah segala peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya.
  • Pengertian Hukum menurut Utrecht, Hukum adalah himpunan peraturan (perintah dan larangan) yang mengurus tata tertib kehidupan masyarakat yang harus ditaati oleh masyarakat.
  • Pengertian Hukum menurut Wasis Sp mengatakan bahwa Hukum adalah seperangkat peraturan tertulis atau tidak tertulis, dibuat oleh penguasa yang berwenang, mempunyai sifat memaksa, mengatur dan mengandung sanksi bagi pelanggarnya, ditujukan pada tingkah laku manusia agar kehidupan individu dan masyarakat terjamin keamanan dan ketertibannya.
  • Pengertian Hukum menurut S.M. Amin adalah kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi yang bertujuan mengadakan ketatatertiban pergaulan antarmanusia sehingga keamanan dan ketertibannya terjamin.
  • Pengertian Hukum Menurut Phillip S. James, Pengertian Hukum ialah tubuh bagi aturan agar menjadi petunjuk bagi perilaku manusia yang bersifat memaksa.
  • Pengertian Hukum  menurut Immanuel Kant mengatakan bahwa Hukum ialah peraturan mengenai kemerdekaan berkehendak.
  • Pengertian Hukum menurut Leon Duquit ialah aturan tingkah laku anggota masyarakat, sebagai jaminan kepentingan bersama.
  • Pengertian Hukum Menurut Woerjono Sastropranoto dan J.C.T Simorangkir, Hukum adalah peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia di dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib.
  • Pengertian Hukum menurut E.M Meyer mengatakan bahwa Hukum adalah semua peraturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, ditujukan pada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan menjadi pedoman bagi penguasa negara dalam melakukan tugasnya.
  • Menurut Professor Ahmad Ali, Pengertian Hukum adalah seperangkat asas-asas hukum, norma-norma hukum, aturan-aturan hukum yang mengatur dan menentukan perbuatan yang mana yang dilarang dan yang mana yang benar, yang diakui oleh negara tetapi belum tentu dibentuk oleh negara, yang berlaku tetapi belum tentu di dalam realitasnya berlaku karena adanya faktor internal (psikologis) dan faktor eksternal (sosial, politik, ekonomi, budaya) yang jika dilanggar akan mendapatkan ganjaran sanksi tertentu.
  • Pengertian Hukum menurut Mochtar Kusumaatmadja menegaskan bahwa pengertian hukum yang memadai tidak hanya memandang hukum sebagai seperangkat kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, tetapi mencakup lembaga (institusi) dan proses yang diperlukan untuk mewujudkan hukum dalam kenyataan.

Lalu Apa Tujuan Mempelajari Hukum ??

Tujuan mempelajari Hukum adalah  sebagai upaya untuk membentuk kepribadian manusia yang mengacu pada nilai-nilai tertentu. Kepribadian diartikan sebagai pola pikir, bersikap, merasa, dan bertindak secara terapdu dalam diri individu.Dan juga untuk memperoleh pengetahuan tentang segala hal dan semua seluk-beluk keberadaan hukum dan segala yang melingkupinya yang begitu luas. Sifat ilmu hukum juga memiliki sifat interisipliner karena digunakannya berbagai disiplin ilmu lain untuk membantu menjelaskan kehadiran hukum di dalam masyarakat.

Menurut John Austin, tugas dan tujuan mempelajari ilmu hukum adalah untuk menganalisis unsur-unsur yang secara nyata ada dari sistem hukum moderen. Sekalipun diakui bahwa ada unsur-unsur yang bersifat historis di dalamnya, namun secara sadar unsur-unsur tersebut seringkali luput dari perhatian. Hukum adalah perintah dari kekuasaan politik yang berdaulat dalam suatu negara.
Mengetahui dan memahami tujuan mempelajari ilmu hukum paling tidak menanamkan pondasi bagi seseorang yang nantinya berguna dalam merambah dunia hukum yang begitu luas dan beragam.

Manfaat Mempelajari Hukum

Manfaat mempelajari hukum itu cukup banyak, dan jelas dalam kehidupan sehari hari kita sering menemukan hukum yang secara tak langsung diterapkan dan bahkan kita anggap kebiasaan. Memang, kadang kita tak sadar hukum apa yang berlaku dalam masyarakat kita, tapi kita di dalam masyarakat sering terikat dengan yang namanya Hukum Adat yang didalamnya terdapat norma norma yang cukup melekat dalam masyarakat tersebut dan secara langsung kita terikat dengan hal itu.

Pada dasarnya, hukum itu perlu dipelajari oleh siapapun, tak pandang siapapun, dan itu harus. Dan karena itulah, ada yang disebut ilmu hukum. Ilmu hukum itu lebih besar dan lebih luas dari hukum. Oleh Lord Radcliffe, dalam “The Law and Its Compass” (1961) mengatakan :

“You’ll not mistake my meaning or suppose that I depreciate one of the great humane studies of I say that we can’t learn law by learning law. If it is to be anything more than just a technique it is to beso much more than it self : a part of history, of economics, and sociology, a part of ethicks and a philosophy of life.”

Jadi, ilmu hukum itu bukan bagian dari sejarah, ekonomi dan sosiologi, itu adalah bagian dari falsafah hidup bangsa. Pendapat saya, bangsa Indonesia tidak mungkin diciptakan dari satu ilmu hukum Indonesia yang seragam karena alasan sejarah, pluralisme Indonesia dan Indonesia bagian dari masyarakat global. Dan Indonesia sendiri memulai tata hukum Indonesia sejak memprokamasikan kemerdekaannya.

Pada umumnya hukum ditujukan untuk mendapat keadilan, menjamin adanya kepastian hukum serta mendapat kemanfaatan hukum tersebut. Selain itu mencegah agar tiap orang tak menjadi hakim diri sendiri. Secara singkat tujuan hukum :

  • Keadilan
  • Kepastian
  • Kemanfaatan

Dan secara terperinci manfaat mempelajari hukum :

  • Ingin mengetahui peraturan hukum yang berlaku disuatu Negara
  • Ingin mengetahui perbuatan mana yang menurut hukum dan yang melanggar hukum.
  • Ingin mengetahui kedudukan seseorang dalam masyarakat serta hak dan kewajibannya.
  • Ingin mengetahui sanksi apa yang diterima jika melanggar suatu hukum tertentu.
  • Supaya tak buta hukum

Semoga pembahasan mengenai Pengertian Hukum , dan Manfaat Mempelajari Hukum diatas bisa memuaskan dan membantu dalam usaha kita untuk memahami apa itu hukum dan apa itu pengertian hukum. Agar tercipta suatu kondisi masyarakat yang sadar akan pentingnya terjadi supremasi hukum.

Sehingga hukum benar-benar menjadi pedoman dalam memutuskan hal yang baik benar maupun tidak.

Share
author
34 Respon
  • Egi Erdian

    sngat lengkap jd ngerti tentang hukum.

  • makasih gan, sangat membantu untuk tugas kuliah saya

    • yudha

      oke sip gan

  • Dwi Sastrawan

    makasi gan artikelnya bantu tugas sekolah

    • yudha

      sama2 gan

  • Lebah Kecil

    Keren, walaupun Gua nggak suka tentang hukum

    • yudha

      semoga bermanfaat gan

  • sangat lengkap walaupun saya tidak tertarik dengan hukum ,apalagi hukum negeri ini tidak adil 🙁 padahal sudah jelas hukum untuk keadilan tapi mirisnya negeri ini tidak adil dengan hukum,btw ini cocok untuk mata pelajaran ane nih ,kebetulan ane Masih Pelajar 😀

    • yudha

      hehehehe …

      Setidaknya kita harus sedikit paham agar tidak buta hukum gan .. Semoga bermanfaat ya

  • ♕ Vampire Pesek

    Tujuan dan isi hukumnya udah bener, penegak hukumnya harus lebih bener, iyee gak gan? ?

    • yudha

      hehehe , iya gan

  • admin JM

    nice artikel.. sangat lengkap banget gan.. izin borkmark barangkali ane lagi butuh untuk tugas kuliah 🙂

    • yudha

      siap gan

  • angga pratama

    izin share gan

  • Bagas Arya Ferdiansyah

    Izin save materinya mas

  • Pingback: Pengantar Ilmu Hukum - Kuliah Hukum Online()

  • Fajar Aulia

    nice info gan

  • AndrO MikrO

    wah anak hukum ente gan 😀

    • Lebih tepatnya mahasiswa smester 7 gan , wkwkwk

  • baskoro

    hukum itu ibarat pisau bermata dua -_-

  • nice info gan

  • Fajar Aulia

    nice info gan bermanfaat

  • juni arfian

    sangat bermanfaat

  • Irfan Kurniawan

    iya gan kita emang harus tau hukum biar ga bisa di “bobodo”

    • hahaha ,, betul gan..

  • wah manteb nih gan bermanfaat banget tentang pengertian hukum

  • Pingback: Ringkasan Materi Hukum Internasional - Kuliah Hukum Online()

  • Emang bermanfaat belajar hukum tapi kalo diindonesia mah gak terlalu kepake , hukum aje bisa dibeli. Nice artikel

  • Nova

    nice artikel gan mantap wkkwkw

  • Zahir Alfatih

    ini baru blognya anak hukum..recommended bagi yg ingin memperkaya pemahaman tentg hukum..

  • Bayu Pamungkas

    Mantab Gan Ilmunya 😀

  • Jadi inget pas dulu kuliah mas, sekalipun jurusan PKn tapi diberikan pemahaman tentang dasar hukum. Memang dengan mengerti hukum kita tidak akan mudah dibodohi.

    Saran dari saya untuk selanjutnya, diberikan sumber referensinya mas.

  • angga pratama

    mantaf gan artikelnya