Bagaimana Bila Harga di Label Berbeda Dengan Harga di Kasir ?

14 comments 1479 views
Share

Assalamu’alaikum wr. wb.

Disperindagsar_PelalawanTeman – teman , suatu ketika pada saat saya sedang berbelanja di sebuah mini market , saya menemukan bahwa harga barang yang tertera pada suatu label berbeda dengan harga pada saat saya melakukan pembayaran di kasir. Apakah kalian juga pernah mengalami hal yang sama ? Jadi harga mana yang harus kita pergunakan apabila ada perbedaan antara harga pada label dan harga di kasir ? Lalu bagaimana hukumnya tentang hal tersebut ? Maka dari itu saya mencoba mencari cari referensi dari berbagai sumber . Dan akan saya bahas sedikit demi sedikit disini .

Bagaimana jika terjadi perbedaan harga antara di Label dan di Kasir , harga mana yang harus digunakan ??

Mengenai pencantuman harga barang atau jasa yang diperdagangkan, diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 35/M-Dag/Per/7/2013 Tahun 2013 tentang Pencantuman Harga Barang Dan Tarif Jasa Yang Diperdagangkan (“Permendag 35/2013”).

Pada dasarnya setiap pelaku usaha yang memperdagangkan barang secara eceran dan/atau jasa kepada konsumen wajib mencantumkan harga barang atau tarif jasa secara jelas, mudah dibaca dan mudah dilihat (Pasal 2 ayat (1) Permendag 35/2013). Akan tetapi, kewajiban ini tidak berlaku bagi pelaku usaha mikro.

Harga barang tersebut harus dilekatkan/ditempelkan pada barang atau kemasan, disertakan, dan/atau ditempatkan dekat dengan barang serta dilengkapi jumlah satuan atau jumlah tertentu (Pasal 3 ayat (1) Permendag 35/2013). Jika barang yang diperdagangkan dikenakan pajak dan/atau biaya-biaya lainnya, pencantuman harga harus memuat informasi harga barang sudah termasuk atau belum termasuk pajak dan/atau biaya-biaya lainnya.

Harga yang dicantumkan harus dalam rupiah, dengan menggunakan mata uang dan nominal Rupiah yang berlaku. Jika harga barang memuat pecahan nominal rupiah yang tidak beredar, pelaku usaha dapat membulatkan harga barang dengan memperhatikan nominal rupiah yang beredar. Pembulatan diinformasikan kepada konsumen pada saat transaksi pembayaran.

Jika pelaku usaha memperdagangkan barang secara eceran dengan tidak mencantumkan harga barang secara jelas, mudah dibaca dan mudah dilihat atau tidak menetapkan harga barang dengan rupiah, maka pelaku usaha tersebut dapat dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha di bidang perdagangan oleh pejabat yang berwenang (Pasal 9 ayat (1) Permendag 35/2013). Pencabutan izin usaha di bidang perdagangan tersebut dilakukan setelah diberikan peringatan secara tertulis sebanyak 3 (tiga) kali dalam tenggang waktu masing-masing peringatan paling lama 1 (satu) bulan.

Kemudian, menjawab pertanyaan Anda, jika terdapat perbedaan antara harga barang yang dicantumkan dengan harga atau tarif yang dikenakan pada saat pembayaran, yang berlaku adalah harga atau tarif yang terendah (Pasal 7 ayat (2) Permendag 35/2013)

1438543605_beritagar-infografik-bila-label-harga-berbeda-20055

Lalu bagaimana Hukum bila harga Label berbeda dengan harga Kasir ??

Di dalam UU No. 8/1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 5 menegaskan: Kewajiban konsumen adalah :
a. membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan 
barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan;
b. beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa;
c. membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati;
d. mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Berdasarkan pasal ini, maka kami sarankan setiap anda atau para konsumen pada umunya, jika belanja ke mini market atau pusat grosir modern bukan hanya membaca daftar harga yang tertera di rak-rak barang tapi juga harus mencatatnya setiap item barang yang dibeli. Lebih baik lagi label harga barang yang dibeli difoto dengan kamera HP untuk melengkapi bukti-buktinya. Karena harga yang sah disepakati konsumen adalah harga barang yang tertera di label rak barang bukan daftar harga yang ada di komputer kasir.

Manakala dapat dibuktikan adanya perbedaan harga itu, maka pelaku usaha mini market dan pusat grosir modern dapat dikualifikasikan telah melanggar UU No. 8/1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8 ayat (1) huruf f yang menegaskan: Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang: tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa tersebut. Ancaman sanksinya pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua milyar rupiah)

Jadi kesimpulannya , jika mengacu kepada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 35/M-Dag/Per/7/2013 Tahun 2013 tentang Pencantuman Harga Barang Dan Tarif Jasa Yang Diperdagangkan maka apabila terdapat perbedaan harga antara harga di Label dan di Kasir maka yang digunakan adalah Harga yang termurah. Dan apabila mengacu kepada UU No. 8/1999 Tentang Perlindungan Konsumen , bila terdapat perbedaan harga antara harga di Label dan di Kasir maka Pelaku Usaha dapat dikenakan pasal 8 ayat (1) huruf f UU No. 8 tahun 1999.

referensi :

http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt54ae3fd1da280/harga-barang-di-label-dan-di-kasir-berbeda–mana-yang-dipakai

http://ylpkjatim.or.id/waspada-banyak-ditemukan-harga-di-label-dan-kasir-berbeda/

Share
author
14 Respon
  • wahhhh makasih infonya gan
    ternyata ga boleh ya gan

  • terkadang kita kaga terlalu memperhatiin hal-hal kaya gitu thanks info gan

  • wah sangat membantu sekali bung,. di Ind*mar*t sering saya begini, kok bisa jadi bengkak padahal diperkirakan seberapanya udah

  • Sean aja

    Sering banget kayak gitu, tiba2 aja kayak gitu, padahal saya yg beli udh kaget

  • wah ., makasi infonya gan

  • wah parah banget gan kalo sampe harganya beda di label sama di kasir, bisa abis duit kita

    • yudha

      Sebenernya sering sih ketemu , walaupun cuma selisih receh tapi jengkel juga ..

  • muhammad edwin

    Terkadang Disitu Aku Merasa Sedih :”v

  • angga pratama

    kayak gitu bisa tekor deh :v

    • yudha

      asli gan , makanya sering2 cek struk gan .. hehe

  • Reza Alsefi

    waduh kita harus waspada nih..thx infonya gan

  • Ian De’ Aquarious

    Alhamdulilah belom pernah terjadi di ane,,Nice Info gan

  • niam ansori

    pernah kejadian kayak gini, harga dilabel sama dikasir beda, lebih mahal dikasir… untung pas bawa uang lebih

    • Kl lg bawa uang pas apa gk bingung coba …