Analisa Hukum terhadap kasus Pornografi yang menjerat Habieb Rizieq

Share

Belakangan ini sedang hangat hangat nya kasus Pornograsi yang menjerat Habieb Rizieq Shihab. Lalu bagaimana sebenarnya kronologi tentang dugaan chat Pornografi antara Habieb Rizieq Shihab dengan Firza Husein??

 

Bagaimana Kronologi Dugaan Chat Pornografi antara Habieb Rizieq Shihab dengan Firza Husein?

Akhir Januari 2017 jagat media sosial dihebohkan dengan tersebarnya screenshot percakapan via WhatsApp berkonten pornografi yang diduga melibatkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan Firza Husein.Percakapan itu pertama kali diketahui dari situs baladacintarizieq.com. Dalam percakapan tersebut menyajikan foto wanita tanpa busana yang diduga Firza. Sedangkan Rizieq diduga menjadi lawan bicara Firza dalam percakapan tersebut.Beredarnya percakapan berkonten pornografi tersebut membuat polisi melakukan penyelidikan.Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, polisi bertindak setelah mengetahui adanya keresahan masyarakat soal peredaran percakapan ini. Sebab, video percakapan dua orang itu mengandung konten pornografi.

Selang satu hari polisi melakukan penyelidikan, Aliansi Mahasiswa Antipornografi membuat laporan polisi mengenai peredaran konten pornografi itu.Pelapor meminta agar kepolisian menyelidiki keaslian dokumen dan foto karena sangat mengganggu generasi muda. Polisi pun bergerak cepat menyelidiki kasus itu.

Pada Selasa (31/1/2017), Firza ditangkap polisi di kediaman orangtuanya di Jalan makmur, Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur, terkait kasus dugaan makar.Firza adalah satu dari 11 orang yang diciduk polisi pada 2 Desember 2017 menjelang doa bersama karena dituduh melakukan pemufakatan makar.

Sehari setelah penangkapan Firza, Rabu (1/2/2017), polisi menggeledah rumah di Jalan Makmur tersebut.Kali ini, penggeledahan dilakukan untuk mengumpulkan barang bukti dalam kasus video chat WhatsApp yang prosesnya naik ke tahap penyidikan. Polisi sempat kesulitan masuk karena rumah itu terkunci.Dalam penggeledahan itu para penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membawa bantal, sprei, dan televisi.Barang-barang tersebut diperlukan penyidik untuk membenarkan keaslian sosok Firza dan Rizieq dalam konten-konten yang bermuatan pornografi itu.

Pada waktu yang sama, Rizieq yang terseret dalam kasus dugaan pornografi itu menyebut konten-konten tersebut fitnah. Rizieq mengaku Firza berang.”Firza Husein menolak bahwa rekaman suara, foto, atau pun chat yang ada sama sekali beliau tidak bertanggung jawab dan tidak tahu menahu. Bahkan, beliau marah dan akan melakukan penuntutan terhadap yang melakukan rekayasa tersebut,” ujar Rizieq di Mapolda Metro Jaya sebelum menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk kasus makar.

Seusai dinaikan ke tahap penyidikan, penyelidikan kasus tersebut sempat berjalan di tempat. Akhirnya pada Selasa (25/4/2017) polisi memutuskan memanggil Rizieq dan Firza.Namun, keduanya kompak mangkir dari panggilan tersebut. Polisi tak patah arang, pada Rabu (10/5/2017) polisi kembali memanggil keduanya untuk dimintai keterangan. Lagi-lagi, keduanya tak mengindahkan panggilan kepolisian. Dua kali mangkir, akhirnya polisi pun menerbitkan surat perintah penjemputan paksa. Namun, saat itu Rizieq kadung berada di Arab Saudi untuk menjalankan umroh.

Tak ingin dijemput paksa polisi, Firza akhirnya memenuhi panggilan polisi pada Selasa (16/5/2017).Dengan berkacamata hitam, Firza datangi Mapolda Metro Jaya pada pukul 10.00 WIB dengan didampingi pengacaranya Azis Yanuar dan adiknya.Setelah diperiksa selama 12 jam lamanya, polisi memutuskan menetapkan Firza sebagai tersangka dalam kasus percakapan berkonten pornografi itu.Namun, status Rizieq pada hari itu masih sebatas saksi. Penyidik menetapkan Firza sebagai tersangka setelah melakukan gelar perkara dan serangkaian pemeriksaan saksi ahli. Berdasarkan hasil analisis ahli pidana, kasus itu telah memenuhi unsur pidana.Sementara itu, ahli telematika menyebut, percakapan yang diduga antara Firza dan Rizieq itu adalah asli.Firza pun dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 8 juncto Pasal 34 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.Meski ditetapkan sebagai tersangka, polisi tak menahan Firza. Alasanya, kondisi kesehatan Firza memburuk setelah ditetapkan tersangka.

Setelah menetapkan Firza sebagai tersangka, polisi tak langsung menetapkan Rizieq sebagai tersangka juga. Polisi masih menunggu hingga Rizieq kembali ke Indonesia.Namun, dua pekan setelah Firza ditetapkan sebagai tersangka Rizieq tak kunjung kembali ke tanah air.Rizieq melalui pengacaranya mengatakan menolak kembali ke Indonesia lantaran merasa dikriminalisasi.

Akhirnya, pada Senin (29/5/2017) polisi kembali melakukan gelar perkara.Hasil dari gelar perkara tersebut menyimpulkan polisi menetapkan Rizieq sebagai tersangka tanpa perlu terlebih dahulu menunggu Rizieq kembali ke Indonesia.”Ada alat bukti yang sudah ditemukan penyidik dari hasil gelar perkara, sudah layak dinaikkan jadi tersangka,” ujar Argo, di Mapolda Metro Jaya, Senin sore.Rizieq dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 34 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Mengetahui dirinya ditetapkan sebagai tersangka, Rizieq marah besar. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengacara Rizieq, Kapitera Ampera.Penetapan status tersangka itu dianggap Rizieq sangat tidak manusiawi dan inkonstitusional. Kapitra mengatakan, Rizieq sebenarnya sudah tak sabar ingin pulang ke tanah air untuk melawan kasusnya melalui jalur hukum.

Memangnya bagaimana isi chat Antara Habieb Rizieq dengan Firza Husein?

Berikut ini transkrip isi chat Firza Husein dan Habib Rizieq sebagaimana dikutip dari media sosial.

FH: Aaaaauuuugghhhh
HR: Saya masukkan … saya masukkan … sambil tidur … duduk … nungging … berdiri … oh Firza buas binal bernafsu … saya senang … tpbelum bisa keluar … ininkhayalan Firza … harus lihat foto UTUH … Ayo dong … kota tidak boleh khianat janji
FH: Basahhhhh mmk Masukin
HR: Sdh masuk …. saya tarik lagi …. minta dihisap …. ayo jilat dan hisap Firza … yg kuaaaat …. Firzakuuuuu …. knp sih fotonutuh yg
FH: ******hh Ustad puber Habib puber
HR: Firza … murid nakal … murid binal … penuh birahi … sangat nafsu …. hingga Ustadznya … mabuk kepayang ….
ASTAGHFIRULLAAAH … Bgmn ini Guru dan Murid sama-sama nakal, genit, binal, nafsu, lupa diri, buat dosa, bikin ma’siat …??? Wajib segera dinikahkan agar HALAL, jadi tdk buat kemunkaran … ASTAGHFIRULLAAAHAL’AZHIIIM …
FH: Yukkk nikah cepetan sayang Kangennnnn
HR: Stop WA & SMS S*x … !!! Ayo NIKAH HALAL … !!!
FH: *****ng
HR: Jika saya atau Firza masih menyimpan dosa (tdk menghapusnya) .. mk Allah SWT akan murka … dan tdk akan berkah .. shg Allah tdknakan izinkan kita menikah …
FH: Iyaaaa sayang Habib knpa ragu bgtu Percaya sm saya sayang
HR: Bukan ragu …. tp kita tdk boleh lalai dan lengah … akibatnya fatal … bukan hanya bisa hancurkan pribadi
kita …. tp juga bisa hancurkan perjuangan … kasihan umat ….
FH: Iyaaa sayang Sy nurut dan sllu patuh kepada paduka yg mulia dan terhormat
FH: *****
HR: Saya tdk dusta … saya mau nikahi Firza … saya mau cumbu Firza scr halal … hanya masalahnya saya sdg
cari cara agar saya tdk lukai dan sakiti serta siksa hati isteri saya saat ini … saya tdk sampai hati krn dia sangat baik melayani saya selama ini … dan pengorbanannya pun sangat besar … Andaikan suatu saat dia relakan saya dg Firza, maka Firza wajib menghormatinya dan wajib juga menyayangi anak2 nya, sbgmn saya wajib menyayangi Firza dan
anak2 Firza …. Semoga Firza bisa memahami posisi saya … tp sayabtetap sdg terus berusaha …
FH: Iyaa sayang Sy wajib menyayangi habin dan keluarga habib tdk terkecuali Masa sy hny mau sm habib sj sm cab*****
HR: Besok malam Selasa saya ke Gunung. Isteri saya di Jkt. Selasa pagi boleh datang. Nanti kalau ajak Emma, jaga Emma jgn telpon isteri saya, atau Siapa pun. Bilang saja mau kunjungan mendadak atau mau survey krn ada yg mau bantu pesantren. Nanti di gunung kita bisa atur lepas kangennya. Emma nanti cari buah pisang di kebun, sdg Firza
pegangin ‘pisang’ yg tegang …. Hi …. hiii …. hiiiii …..
FH: (Emoticon) InsyaAllah Habib bisa aja
HR: Kalau ketahuan Emma bgmn ?
FH: Gpp habib berarti itu sdh kehendak Allah …tp ttp hrs di jaga
FH: ****** Janjiii Hetty koes endang (emoticon)
HR: Knp kemarin tdk ngisap … ???
FH: Msh grogi…malu2 Bru ktemuu Di isep sambil pegang s*s* Sambil dipegang si kecil sayang Hot main nyaa
HR: Saya lagi bayangkan sekarang … bibir indah itu … menjilati Si Kecil … lalu menghisapnya dg buas … sampai keluar membasahi mulut dan pipi … ahhhhhhh
FH: Iyaaa sayang…tel*njang berdua sambil di isep si kecil…. S*s* diremas2 Jari2 masukin ke mmk
HR: Mannaa Fotonyaaaaa …. ???
FH: Bntr sy matii dl hp nya Semoga sj bisa yaa
HR: harus bisa … demi cinta …
FH: Hmmmmm nafsu ni yee
HR: Nafsu Abissss
FH: Blm bisa di buka sabar yaa
HR: Ditunggu …. dg nafsu abisss
FH: Yg ada cm ini (emoticon)
HR: Ditunggu …. dg nafsu abisss Mannnnnnaaaaaa …. ??????
FH: (emoticon)
HR: Power of LOBE & SE*
FH: Masukin sayang
HR: Power of LOBE & SE* Mannnaaa Lobangnya …. ???? FOTO …. !!!
FH: *****ng
HR: Mannnaaaa Fotonya … TELANJ*NG DUDUK …..
FH: Basahhhhhh Ayooooo dong sayang

HR: Saya belum basahhh …. ayo dong …. pose duduk telanjang yg menantang …. saya siap masukin niiiiih ……
FH: Masukin sayaaaaaaang
HR: FOTO Duduk telanjaaaaaaaang ….. sayaaaaaaaaang …. Duduk telanjaaaaaaaang …. sayaaaaaaaang Toloooooooong … sayaaaaaaaang …. pose spt tadi …. duduk … tapi telanjaaaang dan menantaaaang …. Ayooo dooooong …. Mannnaaaa … ditunggu … saya masih menunggu utk dimasukin ke posisi duduk telanjaaaaang …. oohhhhhh

FH: Blm bisa di kirim sayang Sabar yaa Sy pun sdh basahhh
HR: Dicoba terus … mungkin krn sinyalteriman di Gunung turun naik …. coba teruuuuus … saya hampir basahhh … nunggu foto …..
FH: (emoticon) Basahhh enak di jilat sayang Aaaaaauuuughhhh Pengen gaya nungging sayang HR: Wah kalau sdh basah dijilatin… lalu diisap …. akan bangun lagi … lebih kencang dan sulit turun … itulah ronde terlamaaa … Mannaa fotonya sayaaaaaang
FH: Bntr sayang
HR: Janji yaa … Nanti ketemu saya tunggingi … jgn menolak …
FH: Aaaaaauuuuughhhh sayaaaaang Aaaaaauuuuughhhhh Basahhhhh sayaaaaaaang saya ******tt
HR: Saya masih kuaaat … saya cangkul terus Mmk Firza
FH: tekan sayang… Aaaaauuuuughhh
HR: Muncraaaaaaat
FH: Sayaaaaaaaang
HR: Ahhhhhhhhh ….
FH: Sayang udah keluar yaa Muncrat
HR: Hapus segera semua chatting kita malam ini … sebelum disadap dan dicopy orang jahat …. SEGERA…. ahhhhh
FH: Iyaaa sayang Sayang mandi nya gmna?
HR: Semua Chatt dan Foto Saya hapus …. kecuali Foto Mantappp … saya simpan di file khusus dg sandi rahasia …..
FH: Kn dingin..pke air hangat Hapus aja sayang
HR: Mandinya nanti sebelum Shubuh
FH: Iya sayang jgn skrg nt masuk angin Pke air hangat ya sayang Foto nya hapus aja iiih
HR: Tdk usah mandi basah … cukup dibasahi sekujur badan … lalu klik foto dg posisi bagus merangsang …..
Cepat doooong …. sdh tdk tahannnn ….. pengennnnn diisaaaaaaaap ….. ahhhhhh
FH: Susahhhh Lg foto ketakutan ada ummi kepergok hahahaaaaa
HR: Posisi duduk saja lebih mudah diambilnya
FH: Sdh sayang
HR: Ahhhhhhhhhiiiiiiiiii
FH: Dinginnnnnnnnn
HR: Ahhhhhhh******
FH: Dinginnnnnnnn Pengen di peluk sayang Masukin
HR: Saya tegang keras betul … saya remas …. saya kocok …. saya bayangkan sdg diisaaaaaap spt kemarin …. ahhhhh … saya mau ke kamar mandi juga deh biat ngocok biar keluar ……
FH: Iyaaa sayang Ko ga dikamar
HR: Desahnya kedengaran Satpam
FH: Kocok sayang Tu terakhir hihihhhh Jd anak deeh Lucu banget sayang
HR: Hiii… hiiii Satpam bangun juga …. dia dengar suara siraman air di kamar mandi kamar …. heee …. heeee
FH: Halowwwww apa jd nya biji sayang Sayang dimana petamburan atw di MS
HR: Petamburan
FH: Keluar ga sayang
HR: itu foto cucu ?
FH: Iyaaa saya senang sekali liat wajahnya dan baju habayah nya Jd pengen punya anak lg Looo ini foto keluarga habib…cucu habib ini
HR: Saya punya ***** Saudara dan sepupu, cucu langsung yg ini …..:
FH: Mana foto cucu habib yg 2 Hiiii gemesin sayang itu lg bobo yaa kaciannn nya Mirip habib
HR: nanti kita bikin anak yg lucu … laki ganteng dan perempuan cantik ….
FH: Cucu ga tau…kalo habibnya puber hihihhhhhh Iyaaa sayang mauuuu…sy mmg pengen sekali anak laki2
Anak sy ganteng sayang laki2 Sbntr yaa sy ambil fotonya

Transkrip tersebut saya kutip dari https://www.rancahpost.co.id/20170268538/netizen-masih-penasaran-dengan-isi-chat-firza-husein-dan-habib-rizieq/

Siapa sih Habieb Rizieq Shihab? Kenapa Kasusnya heboh sekali?

Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab atau yang lebih akrab disapa Habib Rizieq adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam.Habib Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam pada tanggal 17 Agustus 1998 di Pondok Pesantren Al-Umm, Tangerang Front Pembela Islam adalah sebuah organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta. Selain beberapa kelompok internal yang disebut sebagai Sayap Juang, FPI juga memiliki kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok paramiliter yang dianggap kontroversial karena melakukan aksi penertiban terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam terutama pada masa Ramadan. Kalau admin sendiri mulai mengenal habib rizieq shihab semenjak Peristiwa Akbar 212 di jakarta.

Lalu kenapa bisa menjadi sangat heboh? Menurut admin sih , karena Habieb Rizieq Shihab ini di anggap sebagai seorang Imam Besar di Indonesia. Dan banyak kalangan yang beranggapan bahwa kasus yang menimpa Habieb Rizieq ini adalah sebuah bentuk diskriminasi terhadap Ulama.

Analisa terhadap Kasus Dugaan Tindakan Pornografi oleh Habieb Rizieq Shihab

Admin mencoba untuk menganalisa sedikit tentang kasus yang menjerat Habieb Rizieq Shihab tentang Pornograsi. Dan ini murni hanya analisa admin ya. Bukan maksud admin untuk mengadu domba pihak manapun.

Penerapan Pasal terhadap Kasus Dugaan Chat Pornografi Habieb Rizieq Shihab

Berkaitan dengan Kasus yang menjerat Habieb Rizieq Shihab, yang bersangkutan dikenakan  Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 8 juncto Pasal 34 atau Pasal 9 juncto Pasal 35 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. Kemudian saya akan membedah satu persatu Unsur Unsur Pasal tersebut.

Pasal 4 ayat 1 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi

Setiap orang dilarang memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan pornografi yang secara eksplisit memuat:
a. persenggamaan, termasuk persenggamaan yang menyimpang;
b. kekerasan seksual;
c. masturbasi atau onani;
d. ketelanjangan atau tampilan yang mengesankan ketelanjangan;
e. alat kelamin; atau
f. pornografi anak.

Pasal 29 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi

Setiap orang yang memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebar-luaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit Rp250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp6.000.000.000,00 (enam miliar rupiah).

Pasal 6 Undang Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Setiap orang dilarang memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1), kecuali yang diberi kewenangan oleh peraturan perundang-undangan

Pasal 32 Undang Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi

Setiap orang yang memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dipidana dengan pidana paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Pasal 8 Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Setiap orang dilarang dengan sengaja atau atas persetujuan dirinya menjadi objek atau model yang mengandung muatan pornografi.

Pasal 34 Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Setiap orang yang dengan sengaja atau atas persetujuan dirinya menjadi objek atau model yang mengandung muatan pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Pasal 9 Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Setiap orang dilarang menjadikan orang lain sebagai objek atau model yang mengandung muatan pornografi.

Pasal 35 Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Setiap orang yang menjadikan orang lain sebagai objek atau model yang mengandung muatan pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp6.000.000.000,00 (enam miliar rupiah).

Dengan demikian , unsur unsur yang akan dikenakan terhahadap perkara Habieb Rizieq termuat dalam pasal 4,6,8,dan 9 UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. Sedangkan sanksi nya termuat dalam pasal 29,32,34,dan 35 UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi,

Analisa terhadap Perkara Dugaan Chat Pornografi antara Habieb Rizieq Shihab dan Firza Husein

Sebelumya memulai menganalisa terhadap pasal yang dikenakan untuk Habib Rizieq Shihab, kita harus mengerti apa pengertian dari Pornografi itu sendiri.

Dalam pasal 1 ayat (1) UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi disebutkan bahwa Pornografi adalah gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar bergerak, animasi, kartun, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau pertunjukan di muka umum, yang memuat kecabulan atau eksploitasi seksual yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat.

Dalam perkara ini , kasus yang dikenakan tehadap Habieb Rizieq berupa Chat antara Habieb Rizieq dan Firza Husein. Apakah Chat dapat termasuk dalam Pornografi? Jawabannya adalah “YA”. Karena di dalam pasal 1 ayat (1) UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi tersebut dijelaskan bahwa salah satu bentuk pornografi adalah percakapan melalui berbagai bentuk media komunikasi. Kemudian pertanyaan yang selanjutnya adalah , apakah percakapan antara Habieb Rizieq dengan Firza Husein mengandung konten pornografi?Kalau menurut admin sih, percakapan Habieb Rizieq dan Firza Husein yang beredar di Media Online tersebut mengandung Unsur Pornografi. Kemudian pertanyaan yang paling penting adalah apakah Chat tersebut adalah asli atau palsu? Nah disinilah titik kritis dari perkara ini , Polisi harus bisa membuktikan bahwa percakapan tersebut adalah asli antara Habieb Rizieq dengan Firza Husein. Karena apabila chat tersebut adalah palsu, maka gugur sudah perkara ini.

Bagaimana Cara Pembuktian Terhadap Suatu Pasal Dalam Perkara Pidana?

Dalam pasal 183 KUHPidana dijelaskan bahwa Hakim tidak boleh menjatuhkan pidana kepada seorang kecuali apabila dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti yang sah ia memperoleh keyakinan bahwa suatu tindak pidana benar-benar terjadi dan bahwa terdakwalah yang bersalah melakukannya.

Dalam pasal 184 ayat (1) KUHPidana disebutkan bahwa

Alat bukti yang sah ialah:
a.keterangan saksi;
b.keterangan ahli;
c.surat;
d.petunjuk;
e.keterangan terdakwa.

Membedah Pasal demi Pasal

Yang pertama yakni Pasal 4 UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. Unsur unsur yang terkandung didalamnya yakni memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan pornografi.

Yang kedua pasal 6 UU RI No 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi , unsur yang terkandung didalamnya yakni Setiap orang dilarang memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1), kecuali yang diberi kewenangan oleh peraturan perundang-undangan.

Yang ketiga pasal 8 UU RI No 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi, unsur yang terkandung didalamnya yakni Setiap orang dilarang dengan sengaja atau atas persetujuan dirinya menjadi objek atau model yang mengandung muatan pornografi.

Yang ketiga pasal 9 UU RI No 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi, unsur yang terkandung didalamnya yakni Setiap orang dilarang menjadikan orang lain sebagai objek atau model yang mengandung muatan pornografi.

Pertanyaannya adalah , apakah Habieb Rizieq melakukan salah satu unsur yang termuat dalam Pasal Pasal  tersebut?? Jawabannya Penyidiklah yang mengetahuinya. Saya tidak tahu alat bukti apa sajakah yang sudah dikantongi oleh Penyidik dari kelima alat bukti dalam Pasal 184 KUHPidana.

Lalu bagaimana menurut admin pribadi ??

Kalau admin sih hanya sekedar melihat perkara Habieb Rizieq dan Firza Husein sebatas dari TV ataupun Berita Online saja ya. Jadi hanya punya pandangan yang terbatas mengenai perkara ini.

Sebagai contoh dalam Pasal 4 UURI No 44 Tahun 2008 ,admin tidak mengetahui apakah benar Habieb Rizieq telah melakukan perbuatan berupa memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan produk pornografi. Karena tentang hal tersebut tidak disiarkan di berita ataupun di media online.Karena Habieb Rizieq juga tidak mengakui perihal Chat tersebut. Kecuali apabila sudah terbukti bahwa benar Chat tersebut adalah chat antara Habieb Rizieq dengan Firza Husein dengan pembuktian Keterangan Saksi,Keterangan Ahli ,Surat, ataupun dengan alat bukti lain. Mungkin Habieb Rizieq bisa masuk ke dalam unsur memproduksi ataupun membuat konten pornografi.

Kemudian pada pasal 6 UURI No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi , admin juga tidak mengetahui perihal apakah Habieb Rizieq benar telah memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi.Akan tetapi jika kemudian didapati alat bukti mungkin dari Handphone milik Habieb Rizieq yang benar ada chat tersebut, mungkint terhadap Habieb Rizieq masuk kedalam unsur memiliki atau menyimpan produk pornografi.

Lalu pada pasal 8 UURI No 44 tahun 2008 tentang Pornografi, Unsurnya yakni dengan sengaja atau atas persetujuan dirinya menjadi objek atau model yang mengandung muatan pornografi. Lagi lagi disinilah bagian kritisnya , Penyidik harus bisa membuktikan bahwa Chat Pornografi tersebut adalah benar chat antara Habieb Rizieq dan Firza Husein. Karena kalau hal tersebut sudah terbukti benar , maka bisa saja Habieb Rizieq dijerat pasla ini karena disini Habieb Rizieq menjadi objek/model konten Pornografi. Ingat ya  Konten Pornografi itu tidak hanya berupa gambar ataupun Video,tetapi juga bisa berupa percakapan, ilustrasi, dll.

Kemudian pada pasal 9 UURI No 44 tahun 2008 tentang Pornografi, unsurnya yakni Setiap orang dilarang menjadikan orang lain sebagai objek atau model yang mengandung muatan pornografi. Sama seperti pasal 8 di atas  ,Penyidik harus bisa membuktikan bahwa Chat Pornografi tersebut adalah benar chat antara Habieb Rizieq dan Firza Husein.

Jadi itu menurut admin , bagian kritisnya adalah Penyidik harus bisa membuktikan bahwa Chat yang beredar di Media Online tersebut adalah benar chat antara Habieb Rizieq Shihab dengan Firza Husein. Apabila Penyidik bisa menghadirkan alat bukti bahwa Chat tersebut asli dengan didukung alat bukti pendukung lainnya, maka ada kemungkinan terhadap Habieb Rizieq dijerat dengan pasal pasal tersebut di atas. Karena Konten Pornografi itu bukan hanya berupa Gambar atapun video , tapi juga bisa berupa percakapan,animasi, kartun, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya. Akan tetapi apabila Penyidik tidak dapat membuktikan bahwa chat tersebut asli , maka saya sangat yakin bahwa Kasus ini akan Gugur.

Demikianlah sedikit analisa saya terhadap kasus Chat Pornografi antara Habieb Rizieq Shihab dan Firza Husein, bagaimana menurut anda??

Share
author
5 Respon
  • Danil Alfis

    hmmm, harusnya sih kalo privasi begitu jangan terlalu di sebar ya. soalnya kan nanti kitanya malu juga

  • wahyu arya pambudi

    Semoga kasusnya cepet selesai, ditunda2 kpn selesainya

  • Gerry Tian

    ya semoga cepat kelar deh. biar hukum yang bicara.

  • Penyidik hrs membuktikan bahwa ada HP milik HRS yg secara valid memiliki chat tsb (asli). Bagaimana penyidik bisa memperoleh HP HRS, ini menj tanda tanya. Dan konten tsb yg discreenshot bisa sampai keluar, apakah betul krn ulah HRS. Masih banyak kejanggalan dlm kasus ini..

  • Rouf Abdul