5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia Versi KuliahHukum.Com

Share

Ada yang berminat melanjutkan kuliah ke Jurusan Ilmu Hukum tapi masih bingung mau kuliah dimana ?? Kali ini admin akan sedikit membagikan 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia versi KuliahHukum.Com

1. Universitas Gajah Mada (UGM) – FH UGM

Sebagai universitas tertua yang ada di Indonesia, tentu UGM yang berada di kota Yogyakarta ini memiliki kompetensi dan kualitas fakultas – fakultas yang sangat mumpuni di bidangnya, salah satunya adalah Fakultas Hukum UGM (disingkat FH UGM).

FH UGM bisa dibilang empunya bidang hukum di Indonesia, karena merupakan pioner sekolah kehukuman yang ada di Indonesia.

Banyak pakar hukum lahir karena pernah mengenyam pendidikan di FH UGM. Tokoh seperti Denny Indrayana yang sering muncul di televisi adalah salah satu contoh kecil almuni FH UGM.

Bahkan alumni FH UGM juga banyak mengabdi di beberapa universitas ternama di Indonesia sebagai tenaga pengajar. Banyak alumni FH UGM yang juga mampu tampil ke permukaan sebagai tenaga advokat, jaksa, bahkan hakim di dunia hukum di Indonesia.

Berbagai macam prestasi lomba akademik kehukuman baik nasional maupun internasional sering disabet oleh para mahasiswa FH UGM.

Inilah yang menyebabkan FH UGM kami berikan peringkat pertama, karena faktor kesenioritasan dalam bidang hukum di Indonesia.

Alamat Lokasi : Kompleks UGM, Jalan Sosio Justicia No. 1, Bulaksumur, Sleman, DI Yogyakarta
Nomor Telepon Pengelola : +62274 512781
Jam Operasional : 07.30 – 16.00 WIB (senin s/d Jum’at)
Website : www.law.ugm.ac.id

2. Universitas Indonesia (UI) – FH UI

Universitas Indonesia merupakan universitas kebanggaan warga kota Depok, Jakarta, dan sekitarnya. Tidak ada yang bisa meragukan kualitas pendidikan yang ada di UI.

UI sendiri memang salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia sebagai tempat kuliah mengenyam ilmu pasca tahap pendidikan menengah atas selesai.

Fakultas Hukum UI (FH UI) merupakan salah satu fakultas yang terfavorit di UI.

Pamor sebagai universitas yang top markotop membuat FH UI sangat disegani di Indonesia. Alumni seperti Jimly Asshiddiqie, Yusril Ihza Mahendra, dan Adnan Buyung Nasution tentu membuat level FH UI semakin diatas.

Tidak hanya mengandalkan para alumni yang sukses, FH UI sendiri dikenal sebagai salah satu Fakultas Hukum yang sering juga memenangi lomba – lomba di level mahasiswa baik nasional maupun internasional sama halnya seperti FH UGM.

Alamat Lokasi : Kompleks Universitas Indonesia, Jalan Mr. Djokosoetono, Depok, Jawa Barat
Nomor Telepon Pengelola : +6221 7270003
Jam Operasional : 07.30 – 16.00 (Senin s/d Jum’at)
Website : www.law.ui.ac.id

3. Universitas Diponegoro (Undip) – FH Undip

 

Apakah anda mengenal FH Undip?

Fakultas Hukum Undip (FH Undip) ini dikenal memiliki pakar – pakar hukum ternama dan sangat mahsyur dalam bidangnya,

seperti Prof. Muladi (Mantan Menteri di Era Orde Baru), Prof. Satjiepto Rahardjo, dan Prof. Barda Nawawi Arief tentu yang familiar dengan bidang hukum sudah mengenal buku – buku beserta teori – teori milik mereka.

Salah satunya adalah Prof. Satjiepto Rahardjo yang juga dikenal meluas hingga level dunia internasional dalam bidang Hukum Tata Negara khususnya dalam hal teori batas wilayah negara tentu hal tersebut membuat Undip masuk dalam level salah satu Fakultas Hukum yang terbaik yang ada di Indonesia.

FH Undip sendiri juga memang sangat disegani karena tokoh – tokoh hukum banyak terlahir di Universitas ini. Inilah yang menjadikan FH Undip masuk dalam kategori kami dengan kriteria prestasi yang sudah kami paparkan sebelumnya.

Alamat Lokasi : Kompleks Undip Tembalang, Jalan Prof. Soedharto, S.H. Kota Semarang, Jawa Tengah
Nomor Telepon Pengelola : +6224 7460020
Jam Operasional : 07.30 – 16.00 (Senin s/d Jum’at)
Website : www.fh.undip.ac.id

4. Universitas Padjajaran (Unpad) – FH Unpad

Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan universitas kebanggaan warga kota Bandung dan sekitarnya. Unpad juga memiliki Fakultas Hukum yang sangat mereka banggakan yaitu FH Unpad.

Salah satu alumni FH Unpad yang dikenal banyak masyarakat karena sering muncul di televisi lokal adalah Ruhut Sitompul, pengacara nyentrik yang terkenal pamornya pasca membintangi sinetron Gerhana di salah satu stasiun televisi lokal.

FH Unpad bukan hanya dikenal oleh masyarakat kota Bandung saja, hal ini terbukti dengan banyaknya animo masyarakat dari berbagai macam kota yang ada di Indonesia membanjiri FH Unpad sebagai tujuan tempat kuliah bagi mereka.

Alamat Lokasi : Kompleks Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Kota Bandung, Jawa Barat
Nomor Telepon Pengelola : +6222 2503271
Jam Operasional : 07.30 – 16.00 (Senin s/d Jum’at)
Website : www.fh.unpad.ac.id

5. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) – FH UNS

Solo dikenal sebagai salah satu kota budaya yang sangat kental dengan kegiatan pariwisatanya. Namun kota Solo juga dikenal memiliki sebuah universitas kebanggaan warga lokal yaitu UNS.

UNS merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di kota Solo. UNS memiliki Fakultas Hukum UNS (FH UNS) yang memang menjadi salah satu fakultas yang tertua juga selama UNS berdiri hingga sekarang.

Banyak alumni FH UNS yang menyebar bekerja di perusahaan ataupun di birokrasi di Indonesia.

Salah satu pakar hukum yang sedang naik daun adalah Prof. Adi Sulistiyono yang dikenal sebagai profesor hukum bisnis termuda di Indonesia.

Segenap prestasi dari lomba semacam debat hukum, essay hukum, kontes peradilan semu, maupun legal drafting tentu membuat FH UNS menjadi salah satu Fakultas Hukum yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

Share
author
Tidak ada Respon